Unsur-Unsur Teater Dan Penjelasannya

Unsur-unsur teater dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Unsur Internal

Lakon / Naskah
Lakon adalah peristiwa yang disampaikan dengan tindak tanduk melalui benda perantara hidup (manusia) atau suatu (boneka, wayang) sebagai pemain.  Lakon atau cerita yang ditampilkan, bisa berwujud sebuah naskah atau skenario tertulis dan skenario tak tertulis.

Pemeran / Aktor
Pemeran sering disebut sebagai aktor (pria) atau aktris (wanita) adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung. Pemeran adalah orang yang secara khusus melakukan sandiwara , atau berpura-pura memerankan suatu tokoh sehingga tampak seperti tokoh sungguhan.

Sutradara
Adalah orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas masalah artistik dan teknis dalam pementasan drama, pembuatan film, dan sebagainya. Sutradara bertanggung jawab atas aspek-aspek kreatif pembuatan, baik interpretatif maupun teknis. Ia menduduki posisi tertinggi dari segi artistik dan memimpin tentang bagaimana yang harus tampak oleh penonton. Sutradara mengatur prilaku di depan kamera dan mengarahkan akting serta dialog, sutradara juga mengontrol posisi beserta gerak kamera, suara, pencahayaan, dan hal-hal lain yang menyumbang kepada hasil akhir sebuah teater, drama, atau film.

Pentas / panggung
Adalah podium yang agak tinggi Untuk pertunjukan,  tempat memainkan sandiwara, teater  dan sebagainya.

Kostum
Kostum adalah pakaian para pemain drama yang dikenakan pada saat memerankan tokoh cerita di panggung. Kostum merupakan gaya pakaian yang dikenakan untuk menampilkan si pengguna sebagai suatu karakter. Kostum membuat seorang aktor bisa kelihatan membawan wataknya.

2. Unsur Eksternal

Unsur Eksternal Teater adalah segala yang berkenaan dengan di luar pemintasan. Unsur eksternal teater antara lain: staf produksi, Direktor/ sutradara, Produser/ pimpinan produksi, Stage manager,
Desainer, dan Crew.

Staf Produksi
Staf produksi meliputi manager tingkat produser atau pimpinan produksi sampai segala bagian dibawahnya.  Adapun tugas masing-masing Produser/ pimpinan produksi adalah mengurus produksi secara keseluruhan dan menetapkan personal (petugas), anggaran biaya, program kerja fasilitas dan sebagainya.

Direktor/ sutradara
adalah pembawa naskah, koordinator pelaksanaan pementasan, menyiapkan aktor.

Stage manager
Stage manager adalah orang yang bertugas sebagai Pemimpin panggung dan membantu sutradara.

Desainer
Adalah orang yang bertugas menyiapkan aspek-aspek visual seperti Setting (tempat, suasana), Property (perlengkapan pentas), lighting (tata lampu), Costume (tata busana), Sound (pengeras suara)

Crew
Adalah orang yang bertugas mengurusi bagian pentas, bagian tata lampu, bagian perlengkapan, bagian tata suara musik,

27 comments:

  1. Mksiii, membantu menyelesaikan tgs sklh

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Penjelasannya jangan terlalu bertele-tele

    ReplyDelete
  4. seni teater alur cerita, penokohan, musik, properti, dll itu trmasuk apa ya?

    ReplyDelete
  5. Di dalam naskah/lakon ada unsurnya lagi?

    ReplyDelete
  6. Baik banget sich kamoeh sama akoeh oedah maoeh membantoeh akoeh mengerjakan toegas akoeh
    Makaci banyak yeah
    Loooppyou


    Tapi boong😂😂

    ReplyDelete
  7. Aku rasah berbedah dengah yah di sebelah yah ?







    TAPI BOHONG,,,PAPAPALE PALE PALE PALE KANG COPET😭

    ReplyDelete