Teknik Cor Atau Cetak Tuang Pada Pembuatan Seni Rupa Terapan

Teknik Cor yaitu teknik pembutan karya seni rupa terapan dengan cara mencairkan terlebih dahulu bahan yang akan dibuat karya seni rupa terapan . Setelah itu bahan-bahan yang sudah mencair kemudian dicetak menjadi sebuah karya seni rupa. Contoh karya seni rupa terapan yang pembuatannya dengan cara di cor antara lain kerajinan dari logam seperti hiasan yang ditempelkan pada pagar besi, Patung perunggu, Lencana perak, gelas atau vas bunga dari kaca, dan lain sebagainya.

seni rupa cetak cor

seni rupa cetak cor

seni rupa cetak cor


Ada tiga macam teknik cetak kriya, yaitu:

1. Teknik tuang sekali pakai

Teknik ini biasanya dipakai untuk benda-benda dari logam membuat hiasan lebih rumit misalnya arca dan patung perunggu. Cara pembuatannya biasanya diawali dengan model dari tanah liat selanjutnya dilapisi lilin sehingga terjadi rongga dan cairan perunggu dapat dituangkan ke dalamnya. Setelah dingin cetakan kemudian dipecah sehingga didapatkan bentuk yang diinginkan.

2. Teknik tuang berulang

Yaitu teknik tuang berulang dengan menggunakan dua pasang cetakan dan dapat diulang berkali-kali sesuai dengan kebutuhan. Teknik cetak ulang biasanya untuk mencetak benda atau hiasan sederhana.

3. Teknik menempa

Pembuatan kerajinan dari logam dapat pula dilakukan dengan cara menempa. Jenis logam yang biasanya digunakan adalah besi, tembaga, kuningan, perak, dan emas. Benda-benda yang dibuat dengan cara menempa antara lain keris, piring, teko, dan tempat lilin.

Kerajinan yang dibuat dengan cara cor banyak diproduksi di daerah-daerah di Indonesia. Sistem produksinya menggunakan sistem industri rumahan. Biasanya dibuat secara perorangan atau kelompok. Pembuatanya biasanya dengan sistem pesan, namun juga ada yang membuat untuk dijual di toko-toko, misalnya kerajinan berupa perhiasan. Penjualannya biasanya melalui toko-perhiasan atau toko-toko handycraft.

7 comments: