Jenis-Jenis Seni Rupa

Seni lukis yang di ciptakan sebagai ungkapan atau ekpresi jiwa tanpa adanya faktor pendorong untuk tujuan  materiil dalam fungsi seni terhadap masyarakat merupakan bagian dari seni rupa. Seni rupa juga merupakan ungkapan seluruh perasaan manusia yang diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media & penataan elemen serta berbagai prinsip desain.

Menurut jenisnya seni rupa dapat dibagi menjadi:
  1. Seni lukis, adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.   
  2. Seni grafis, merupakan cabang seni dimana pembuatannya menggunakan alat atau teknik cetak yang umumnya dan biasanya diatas kertas seperti pada poster &  sablon.
  3. Seni kriya, merupakan seni rupa dua dan tiga dimensi dimana karya seni ini lebih menekankan pada ketrampilan tangan seperti contoh : batik, hiasan dinding, parabot, keramik, dan sebagainya.
  4. Seni ilustrasi, merupakan seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari tulisan untuk menerangkan, menyampaikan, menghiasi / memudahkan pembaca untuk memahami suatu cerita, tulisan, maupun informasi lainnya. Seperti contoh komik & karikatur.
  5. Seni patung dan seni ukir, Merupakan seni rupa yang hasil karyanya berbentuk tiga dimensi. Biasanya dikerjakan dengan cara memahat / casting.
Berikut ini contoh seni rupa menurut jenisnya:

Seni Lukis


Seni Grafis

Seni Kriya

Seni Ilustrasi

Seni Patung 

Seni rupa juga masih dibagi lagi menurut fungsinya. Seni rupa yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disebut dengan seni rupa terapan, contohnya seperti kerajinan kriya, almari, bufet, kursi, meja dan sebagainya. Meski demikian seni rupa praktis tetap mengutamakan segi estetikanya. Sedangkang seni rupa yang hanya diambil segi keindahannya saja tanpa memikirkan segi manfaatnya untuk kebutuhan sehari-hari disebut dengan seni rupa murni. Contoh seni rupa murni seperti: lukisan yang tempel di dinding, replika kapal yang di taruh di ruang tamu, patung mainan untuk hiasan di almari, dan lain sebagainya. 



4 comments: