Akibat Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Seni

Dengan seni kita dapat memperoleh kenikmatan sebagai akibat dari refleksi perasaan terhadap stimulus yang kita terima. Kenikmatan seni bukanlah kenikmatan fisik lahiriyah,melainkan kenikmatan batiniah yang muncul bila kita menangkap dan merasakan simbol-simbol estetika dari penggubah seni. dalam hal ini seni memiliki nilai spritual.

Sejak jaman prasejarah, kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari seni. Nenek moyang kita membuat lukisan primitif pada dinding-dinding goa tempat tinggalnya, membuat perkakas, perhiasan dari tulang binatang buruan atau menari-nari disekeliling api unggun sambil menyanyi dalam upacara ritual dan sebagainya. Hal itu sebagai usaha mengungkapkan ekspresi yang dirasakan dengan kegiatan tersebut.

Di zaman modern, perkembangan seni semakin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Seni telah disadari keberadaannya. Sehingga perkembangan manusia dalam menciptakan dan menggunakan seni semakin dapat dirasakan.  Pada perkembangan selanjutnya, manusia telah menciptakan karya seni yang berdaya guna dalam kehidupan mereka

Pernahkah anda melihat seseorang atau merasakannya sendiri ketika anda melakukan sesuatu hobi padahal hobi yang anda lakukan tidak menghasilkan uang? Tapi jika anda berada di posisi orang tersebut, sebagai orang yang punya minat dan bakat dalam menghasilkan karya seni rupa maka anda akan tahu bahwa kepuasan batinlah yang  mendorong seseorang melakukan hal semacam itu.

Bertolak dari pemikiran seperti itu, maka fungsi seni dapat diprinci seperti di bawah ini :

  1. Untuk memuaskan batin seniman penciptanya atau memberikan kepuasan tersendiri
  2. Memberikan keindahan yang dapat dinikmati secara luas dengan penilaian yang berbeda
  3. Menyampaikan nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman
  4. Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis
  5. Sebagai sarana ritual keagamaan
  6. Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu peristiwa tertentu

No comments:

Post a Comment