Karya Seni Rupa Untuk Kebutuhan Praktis

Karya seni rupa yang di buat untuk memenuhi kabutuhan praktis di sebut seni terapan. Berdasarkan fungsinya karya seni rupa terapan dapat dibagi menjadi dua, yaitu karya seni rupa yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan praktis dan karya seni rupa yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan estetis.

1. Karya seni rupa yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan praktis yaitu karya seni rupa yang berfungsi sebagai benda pakai. Misalnya, lemari, meja, kursi, tas, prabot rumah tangga.

2. Karya seni rupa yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan estetis yaitu karya seni rupa yang berfungsi untuk kebutuhan hias saja. Misalnya, tempat bunga di rumah, topeng, patung, batik.

Karya seni rupa terapan disebut juga dengan karya seni rupa aplikatif. Artinya adalah karya seni rupa yang di aplikasikan pada bentuk fungsional yaitu bentuk apa saja yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, perabotan rumah tangga, perhiasan, pakaian, dan sebagainya.

Meskipun karya seni rupa praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun pembuatannya juga sangat mementingkan  segi keindahannya. Misalnya meja, meja tidak hanya berbentuk meja yang asal dapat dipakai untuk meletakkan benda-benda yang ada di atasnya. Namun meja tersebut harus di buat sedemikian rupa agar mempunyai nilai estetika. Begitu juga prabot rumah tangga, tas, kursi, almari. Semua harus dibuat agar berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Inilah macam-macam seni rupa terapan, antara lain:

  1. Seni bangunan atau arsitektur, meliputi tempat tinggal, tempat ibadah, bangunan tanah, kantor, dll.
  2. Seni ilustrasi, ialah seni berupa gambar atau foto untuk menjelaskan suatu naskah/teks. Contohnya gambar buku bacaan siswa SD. Fungsinya untuk menjelaskan maksud isi bacaan agar lebih mudah dipahami pembaca. Ilustrasi terdapat di buku pelajaran, iklan, cerpen, dll.
  3. Seni grafis terapan, adalah karya seni rupa untuk media komunikasi.
  4. Seni dekorasi ialah seni rupa yang biasanya digunakan untuk menghias sebuah ruangan.
  5. Seni kriya terapan, adalah karya seni kerajinan yang digunakan untuk kepentingan praktis.

1 comment: