Pengertian Seni Rupa

Lukisan, Patung, kriya, dan grafis adalah perwujudan dari karya seni rupa. Dari contoh tersebut secara sederhana dapat kita ambil pengertian bahwa seni rupa adalah  cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Proses pembuatannya dapat dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Istilah seni rupa dibentuk dari dua suku kata yaitu seni dan rupa. Dalam bahasa sansekerta seni berarti  “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art yang berasal dari bahasa Latin artem. Kata ini berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang pada akhirnya disebut kesenian. Sedangkan istilah  rupa berarti wujud, keadaan yang tampak di luar, atau roman muka. Seni rupa adalah salah satu cabang kesenian, ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain. Seni rupa merupakan realisasi imajinasi yang tanpa batas dan tidak ada batasan dalam berkarya seni. Sehingga dalam berkarya seni tidak akan kehabisan ide dan imajinasi. Dalam seni rupa murni, karya yang tercipta merupakan bentuk dua dimensi dan tiga dimensi.

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi yang hanya dapat dilihat dari depan  dan karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki ruang dan dapat dilihat dari samping.

Gambar, lukisan, dikategorikan sebagai hasil karya seni rupa dua dimensi. Disebut dua dimensi karena mempunyai ukuran panjang, lebar dan hanya dinikmati dengan satu arah pandangan, yaitu dari arah depan atau sejajar dengan bidang datar.

Beberapa jenis seni rupa dua dimensi antara lain sebagai berikut:

  • Seni lukis, ialah pengembangan yang lebih lengkap dari menggambar.
  • Seni grafis, ialah cabang seni yang menggunakan alat cetak untuk menggambar. Contoh hasil karya seni grafis adalah cetak sablon dan poster.
  • Seni kriya yang termasuk seni dua dimensi adalah batik.
  • Seni ilustrasi, ialah seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari suatu tulisan untuk menerangka, menghiasi atau memudahkan pembaca memahami suatu cerita, tulisan, atau informasi tertulis lainnya. Contoh karikatur, komik.
Contoh seni rupa tiga dimensi:
  • Patung
  • Monumen
  • Tugu
  • Replika
  • Kriya gerabah

No comments:

Post a Comment