Kerajinan Paling Terkenal Dari Tasikmalaya

Tasikmalaya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Sang Mutiara dari Priangan Timur sebutan lain bagi kota Tasikmalaya. Jika kita berkunjung ke Tasikmalaya, kita akan menemui banyak kerajinan tangan yang diproduksi di sana. Dan memang Kabupaten Tasikmalaya memang daerah terkenal penghasil kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dihasilkan para penduduk Tasikmalaya antara lain; Seni kerajinan bordir, Anyaman Rajapolah, Mebel Kayu, Kelom Geulis, Batik Tasik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Bordir Tasik














Bordir hanya dapat dihasilkan dari tangan-tangan yang telaten dan jiwa yang harmoni yang mampu mengerjakan sebuah karya seni bernama kain bordir. Industri kain bordir sudah lama berkembang di Tasikmalaya. Sejumlah sentra industri bordir hingga kini terus berkembang di Tasikmalaya, yang terbesar terdapat di Keamatan Kawalu terutama di Desa Tanjung, Talagasari, Kersamenak, dan Karikil. Salah satu produk kebanggan tasik lainnya adalah bordir tasik. Bordir sebenarnya berasal dari Cina, akan tetapi dengan kreatifitas mojang-mojang Tasik, seni bordir ini menjadi berkembang dan memiliki ciri khas tersendiri di Tasikmalaya. Produk yang dihasilkan beranekaragam mulai dari mukena, baju koko, kerudung dan lainnya. Bordir Tasik dipasarkan hingga kota besar seperti Jakarta dan bahkan sampai luar negeri. 

2. Anyaman Rajapolah

Anyaman Rajapolah

Rajapolah adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Utara Kabupaten Tasikmalaya. Rajapolah sendiri sebenarnya merupakan nama salah satu kecamatan yang dikenal sebagai pusat industri rumahan. Banyak jenis produk souvenir dan aksesoris unik yang bisa menjadi pilihan Anda, mulai dari tas anyaman, dompet, miniatur becak, miniatur mobil, tempat pensil, gelang dan masih banyak lagi. Selain unik, produk kerajinan yang dijual disini dikenal murah dan cukup awet.

Kerajinan anyaman yang banyak ditemui di Rajapolah sebagian dibuat dari mendong. Mendong adalah tumbuhan sejenis rumput yang tumbuh di rawa-rawa. Tanaman liar yang tumbuh memanjang hingga lebih dari 1 meter ini dikeringkan, untuk kemudian dianyam secara manual menjadi tikar dan berbagai kerajinan lainnya. Selain mendong, bahan yang umum digunakan adalah bambu, pandan dan enceng gondok.

3. Kelom Geulis

Kelom Geulis

Hasil kerajinan dari Tasikmalaya yang satu ini memang unik. Kelom geulis merupakan kerajinan alas kaki yang dibuat dari bahan dasar kayu mahoni, damar dan albasia. Sentra pengrajin kelom geulis terletak di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Kelom geulis pada dasarnya adalah sandal yang terbuat dar kayu dan diukir kemudian diberi motif-motif tertentu. Motif yang sering dijumpai dalam kelom geulis antara lain motif bunga dan batik.

4. Mebel Kayu

Mebel Kayu

Meubel Tasikmalaya sudah terkenal bahkan sampai ke manca negara. Meubel yang paling terkenal adalah mebel kayu. Produsen meubel kayu yang terbesar di Tasikmalaya adalah dari daerah Sindanggalih Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. Mebel kayu tasik ini tidak kalah dengan mebel kayu Jepara. Beberapa hasil kerajinan mebel yang banyak dihasilkan seperti lemari, kursi, ranjang, meja dan lainnya.

4. Batik Tasik

Batik Tasik

Tasikmalaya memiliki sentra kerajinan batik, tidak kalah dengan batik Pekalongan atau batik Solo. Batik tasik ini ada 2 jenis yaitu batik tulis dan batik cap. Motif batik Tasik ini adalah motif khas Priangan seperti bunga dan tumbuh-tumbuhan. Senta batik Tasik terdapat di Kecamatan Cigeureung Kota Tasikmalaya. Orang Tasik belum disebut tasik tulen jika belum memiliki batik tasik.

2 comments: