Pengertian Seni Tari

Seni Tari adalah  gerak tubuh yang dilakukan secara berirama dan dilakukan pada waktu dan tempat tertentu guna  keperluan pergaulan, mengungkapkan sebuah perasaan, maksud, serta pikiran yang disertai dengan musik pengiring guna untuk mengatur gerakan sang penari dan juga memperkuat maksud yang akan disampaikan.

Untuk memperjelas tentang pengertian seni tari kita dapat melihat beberapa pendapat dari para ahli seni di bawah ini:

  1. Menurut C. Sachs, tari adalah pelafalan jiwa manusia melalui gerak berirama yang memiliki nilai estetika. 
  2. Menurut Cooric Hartong, tari adalah gerak-gerak badan yang diberi nuansa ritmis dan dilakukan dalam suatu ruang. 
  3. Menurut Bagong Sudito, tari adalah suatu seni yang berupa gerak ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia. 
  4. Menurut Susan K. Lenger, tari adalah gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati.
  5. Menurut Drs. I Gede Ardika, tari adalah sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal hingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing-masing. 
Dari kelima pendapat para ahli seni di atas kita dapat menyimpulkan bahwa gerakan itu dikatakan suatu tari jika:
  • Gerakan itu mengandung suatu ungkapan tertentu
  • Gerakan itu mempunyai ekspresi
  • Gerakan dilakukan secara berirama
  • Gerakan dilakukan dalam suatu ruangan 
  • Gerakan harus memiliki nilai estetika
  • Gerakan itu dapat dinikmati oleh penari dan orang yang melihat tarian itu.
Gerakan tari sedikit berbeda dengan gerakan sehari-hari, misalnya berjalan, berlari, ataupun senam. Gerak dalam sebuah tarian bukanlah gerak yang realistis, tetapi gerak yang sudah diberi bentuk ekspresif serta sentuhan estetis.


Sebuah tarian sebenarnya adalah perpaduan dari beberapa unsur, yang disebut dengan wiraga (raga), Wirama (irama), dan juga Wirasa (rasa). Ketiga unsur tersebut dilebur menjadi sebuah bentuk tarian yang sangat harmonis. Unsur utama dalam sebuah tari adalah gerak. Gerak dalam tarian selalu melibatkan semua anggota badan si penari. Unsur-unsur tersebut dipadukan menjadi sebuah gerakan yang enak dipandang.

Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud danpikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.

No comments:

Post a Comment