8 Tarian Tradisional Dari Jawa Timur

Jawa timur mempunyai wilayah yang cukup luas. Luas wilayahnya sekitar 47 Km2. Di jawa timur terdapat banyak kesenian tari-tarian yang merupakan asli dari jawa timur. Tari-tarian itu lahir dari budaya yang ada di jawa timur dan hasil kreasi para seniman yang ada di jawa timur. Setiap jenis tari mempunyai keunikan tersendiri mulai jenis pakaian yang digunakan, tempat untuk pertunjukan tari, Jenis alat musik untuk mengiringi, dan keunikan gerakan tarian itu sendiri.

Macam-macam tari yang ada di jawa timur adalah sebagai berikut:

1. Tari Taledhek

Tari tledek adalah tari pertunjukan yang dibawakan oleh seorang seniman wanita yang berprofesi sebagai penari. Tari tledek adalah jenis tari yang mempunyai umur yang sudah tua mulai pada masa kerajaan jaman kuno dulu, tari tledek sudah ada dan sering digunakan sebagai pertunjukan oleh keluarga kerajaan atau bangsawan pada jaman dulu. Sampai sekarang tari tledek masih sering dipertunjukkan pada acara-acara seperti pesta dan lain sebagainya.erprofesi sebagai penari.

2. Tari gandrung Banyuwangi
Tari gandrung adalah Tarian pergaulan . Gerak dasar tari gandrung ini merupakan perkembangan dari tari sakral yang disebut Seblang.
Ada 3 bagian dalam tari gandrung, yaitu:

  1. Jejer, berisi ucapan selamat datang untuk para tamu.
  2. Gandrung, Secara bergantian tukang gedog atau tukang mengatur giliran menari, mempersilahkan para tamu untuk menari dengan penari gandrung.
  3. Seblang, Ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa

3.  Drama Tari Wayang Topeng

Tari wayang topeng berasal dari daerah malang tepatnya di daerah Jabung, Jatiguri, Banjarsari, Kedungmonggo kabupaten malang. Drama tari wayang topeng pada  umumnya menggelar cerita tentang Panji. Didaerah Madura terdapat wayang topeng yang disebut dengan  Topeng Dalang dengan cerita Mahabarata.
Didaerah Situbondo tepatnya di Kraksaan dan Panarukan  dikenal dengan nama wayang Kerteh, nama ini disesuaikan dengan nama dalang wayang topeng sekitar tahun 1930 yaitu Kartosuwignyo.

4. Tari Tayub

Tari tayub dikenal oleh masyarakat jawa timur, namun secara umum tari ini tidak dapat dipisahkan dari provinsi yang beribukotakan di Surabaya tersebut. Tari tayub termasuk jenis tari pergaulan yang dibawakan oleh para wanita berparas ayu nan lemah gemulai. Kolaborasi antara gerakan, musik, dan lagu jawa menambah keunikan terhadap tari kelompok ini.

5. Tari Jejer

Tari jejer adalah sebutan lain dari tari gandrung banyuwangi, yakni sebuah kesenian pertunjukan yang menampilkan gerakan berirama dari para penarinya.

Musik pengiring dari tarian khas kabupaten banyuwangi ini tergolong sangat unik yakni berupa gong dan kempul yang secara bersamaan ditabuh hingga menimbulkan nada lagu unik. Properti yang dikenakan oleh para penari jejer juga tergolong sangat tradisional.

6. Tari Seblang

Tarian seblang adalah jenis tari yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur sebagai salah satu acara adat bersih desa. Kesenian ini tergolong sangat berbeda dengan kesenian tari yang lain, pasalnya para penarinya diyakini ditunjuk oleh salah seorang dukun di desa setempat.

Di daera Banyuwangi sendiri terdapat 2 jenis tari seblang yang hingga kini kerap dipertunjukkan pada acara bersih desa seusai hari raya idul fitri maupun idul adhan.

7. Tari  Remo

Tari remo berasal dari Jombang. Konon tari yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Desa Ceweng ini diciptakan oleh seorang pengamen dari daerah tersebut. Dalam perkembangannya, tari remo sangat dikagumi oleh masyarakat Jawa Timur, bahkan saat ini tari remo juga menjadi salah satu tarian pembuka dalam sebuah pertunjukan kesenian Ludruk  yang sangat terkenal.

Keunikan gerakan tari remo bisa kita lihat dari gerak kaki yang energik sehingga identik dengan suasana ceria dan bahagia. Busana atau kostum yang menjadi properti tari remo yang dikenal terdapat tiga jenis yakni gaya surabayan, jombangan, dan sawunggaling.

8. Tari Jaranan

Tari jaranan atau disebut juga dengan tari jaran kepang adalah tarian kesenian tari tradisional yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang tebuat dari anyaman bambu. Tari jaranan menggambarkan seorang perajurit atau pahlawan yang gagah perkasa sedang menunggang kuda. Tarian jaranan juga sering dibumbui dengan pertunjukan atraksi kesurupan. Selain kaya akan nilai seni dan budaya, tarian ini juga sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritual. Tari Jaranan ini merupakan kesenian yang sangat terkenal di Jawa Timur, di beberapa daerah di Jawa Timur kesenian jaranan ini masih tetap hidup dan di lestarikan. Salah satunya adalah kabupaten Kediri yang menjadikan tarian ini sebagai tarian khas dan paling sering dipakai untuk pertunjukan pada hari-hari besar nasional.



No comments:

Post a Comment