Pengertian Seni Kriya

Seni Kriya atau disebut juga dengan istilah handycraft adalah seni rupa terapan hasil kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan  (applied art) yang selain mempunyai aspek keindahan juga menekankan pada aspek kegunaan atau fungsi praktis dari kerajinan itu sendiri. Artinya seni kriya itu adalah seni hasil kerajinan tangan manusia yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan
peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan segi artistik atau keindahan.

Contoh Seni Kriya


Beberapa definisi dan Pengertian Seni Kriya yang lain?
  1. Dalam kamus bahasa Indonesia kata "kriya" berarti pekerjaan "kerajinan tangan".
  2. Kriya berasal dari bahasa sansakerta yakni "Kr" yang artinya "mengerjakan" yang mana dari kata tersebut kemudian menjadi kata karya, Kriya/ kerja. Dalam arti khusus pengertian seni Kriya adalah mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau objek (Timbul Haryono, 2012).
  3. Sementara menurut Rasjoyo, mengutarakan bahwa seni kriya adalah suatu karya seni dimana penekanan pengerjaanya terletak pada keterampilan tangan yang menghasilkan sebuah bentuk kerajinan siap pakai.
  4. Dalam bahasa Inggris Kriya berarti "Craft" yang artinya kekuatan atau energi, yang mengandung arti membuat sesuatu atau mengerjakan yang dikaitkan dengan keterampilan atau profesi tertentu
  5. Seni Kriya disebut juga (Handycraft) yang berarti kerajinan tangan. Yang mana seni kriya ini dapat dikatagorikan sebagai seni terapan (applied art) yang meinitik beratkan pada aspek kegunaaanya dan keindahan. Seni kriya dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang menonjolkan aspek estetika atau keindahan dan juga keugunaanya untuk kebutuhan sehari-hari.
  6. Seni Kriya adalah handskill atau seni yang dibuat dengan kerajinan tangan dengan memperhatikan aspek fungsional (kegunaan/siap pakai) tetapi tidak meninggalkan aspek keindahan seni itu sendiri.
Contoh Seni Kriya


Adapun ciri-ciri seni kriya yaitu:

  1. mengandung kebudayaan etnik, 
  2. Bercorak tradisional
  3. Mengandung watak masyarakat
  4. Mengandung adap kehidupan
  5. Berasal dari lingkungan adabnya
Fungsi Seni Kriya:
  1. Karya seni sebagai hiasan (dekorasi),jenis kriya seperti ini memiliki fungsi sebagai benda pajangan, lebih menonjolkan rupa dari pada segi fungsi, contoh seni ukir, hiasan dinding cinderamata. 
  2. Karya seni benda terapan, jenis kriya seperti ini lebih mengutamakan fungsi dan siap pakai serta bersifat nyaman.. misal senjata, keramik, furniture.. 
  3. Karya sebagai benda mainan,.. jenis kriya seperti ini biasanya memiliki bentuk yg sangat sederhana, bahan relatif mudah didapat dan dikerjakan. contoh, boneka kipas kertas, kapal-kapalan.

Contoh seni Kriya:

Contoh Seni Kriya

  1. Wadah tempat untuk alat-alat tulis, pulpen, pensil, 
  2. Ukiran Batik adalah salah satu contoh seni kriya
  3. Ukiran hiasan halaman rumah
  4. Boneka hasil anyaman hasil seni kriya
  5. Meja dengan ukiran apik hasil dari seni kriya
  6. Hiasan dinding terbuat dari kayu
  7. Kura-kura dari batok kelapa untuk hiasan lemari atau meja belajar
  8. Sandal dengan dihiasi menghasilkan seni kriya yang lucu
  9. Hiasan dinding, lukisan, wadah
  10. Kursi rotan hasil seni kriya

No comments:

Post a Comment