Sosok Abdullah SR Pelukis Naturalisme Dari Jogjakarta

Abdullah SR mempunyai nama lengkap Abdullah Suriosubroto adalah pelukis aliran Naturalisme Indonesia. Dia Lahir di Semarang tahun 1878 kemudian menetap di Yogyakarta dan meninggal tahun 1941. Semasa kecilnya dia diambil anak angkat oleh Wahidin Sudirohusodo  seorang tokoh gerakan nasional Indonesia. Abdullah SR adalah seorang pelukis yang sangat berbakat sampai menurun kepada kedua putranya Sudjono Abdullah dan Basoeki Abdullah yang keduanya sama-sama menjadi pelukis terkenal.

Pada masa mudanya Abdullah SR masuk sekolah kedokteran di Batavia / Jakarta. Setelah itu dia pindah meneruskan kuliahnya ke Belanda. Di sana dia mengambil jurusan seni lukis karena dia merasa bakatnya yang terbesar adalah melukis. Kemudian setelah pulang ke Indonesia dia meneruskan karirnya sebagai pelukis.

Karya Abdullah SR


Bakatnya yang begitu besar pada seni lukis terutama melukis pemandangan alam mendorong dia untuk Pindah di Bandung. Hal ini sesuai dengan keinginannya karena di Bandung banyak pemandangan indah yang dia sukai. Kesukaannya melukis pemandangan indah hingga dia dijuluki Mooi Indie yang artinya Hindia Indah.

Setelah menjelang usia senja Abdullah SR pindah ke Yogyakarta yang merupakan kota seniman yang mempunyai pemandangan indah yang tak kalah dengan di Bandung. Di Jogja dia terus berkarya dengan membuat lukisan-lukisan alam yang indah. Sampai Pada akhir hayatnya Abdullah Suriosubroto (SR) meninggal pada tahun 1941.

No comments:

Post a Comment