Seni Rupa Naturalisme dan Penjelasannya

Natural berarti sesuai dengan aslinya. Seni rupa naturalisme adalah karya seni rupa yang pelukisannya berpedoman pada peniruan alam untuk menghasilkan karya seni, sehingga seniman terikat pada pedoman proporsi, anatomi, prespektif, dan pewarnaan yang tujuannya adalah mencapai kemiripan dengan obyek aslinya.

Seni Rupa Naturalisme


Seni rupa naturalisme banyak kita lihat pada hiasan-hiasan dinding rumah. Ciri khasnya adalah lukiskan itu menggambarkan pemandangan alam misalnya pantai, pegunungan, persawahan, hewan, atau gambar manusia. Namun pada karya seni naturalisme lukisan sangat disesuaikan atau mirip sekali dengan apa yang telah dilihat pelukisnya saat akan melukis atau sedang melukis.  Memang itu sudah menjadi pedoman seniman aliran naturalisme yang sangat terikat dengan proporsi, anatomi dan pewarnaan lukisannya. Sehingga terkadang lukisan itu sangat mirip dengan aslinya atau bahkan seperti foto, Sering kita melihat lukisan dinding berupa pemandangan alam, air terjun, hutan, hewan liar. Semua dilukis dengan sempurna sehingga sangat mirip dengan aslinya.

Beberapa tokoh aliran seni rupa naturalisme antara lain Abdullah SR, Wakidi, Pirngadi, Basoeki Abdullah, Trubus, Dullah, Rustamadji, Wahdi, dan masih banyak lagi yang lain yang tidak dapat saya sebutkan semuanya.

No comments:

Post a Comment