Seni Rupa Primitivisme Adalah?

Karya seni adalah sebuah karya yang memiliki nilai estetika atau keindahan. Karya seni sudah ada sejak jaman dahulu, ketika manusia masih dalam keadaan primitif sampai sekarang yang merupakan jaman kemajuan yang semuanya sudah dibekali dengan peralatan yang serba canggih. Karya seni berupa seni rupa yang senimannya bebas dari belenggu profesionalisme, tradisi, teknik, dan latihan formal dalam proses kreasi seni adalah disebut juga seniman aliran primitivisme.
Seni Rupa Primitivisme

Karya seni rupa primitivisme adalah seni rupa yang memiliki sifat bersahaja, sederhana, naif, spontan, jujur baik dari segi penggarapan bentuk maupun pewarnannya. Dalam pembuatan karya seni rupa, seorang seniman aliran primitivisme mengerjakan karyanya dengan peralatan yang serba manual. Corak dan bentuk lukisannya juga menggambarkan kehidupan yang masih jauh dari teknologi modern. Karya seni rupa primitif dapat kita temukan pada lukisan-lukisan pada batu misalnya pada candi atau lukisan prasasti jaman kuno. Namun seni rupa primitivisme tidak musti jaman dikerjakan oleh orang-orang jaman dahulu. Jaman sekarang aliran seni rupa primitivisme juga masih banyak dihasilkan oleh seniman jaman sekarang. Lukisan-lukisan dua atau tiga dimensi yang menggambarkan kehidupan pedesaan, kehidupan nelayan, kehidupan manusia sehari-hari yang serba sederhana juga dapat disebut seni rupa primitivisme.

Meski dikatakan aliran primitivisme namun tidak berarti karya seni itu tidak punya nilai tinggi. Tergantung orang yang membuat karya seni itu, jika orang yang membuat adalah seniman yang sangat berbakat. Tentu hasilnya mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, jika dijual juga harganya sangat mahal. Misalnya karya seni patung ken dedes atau patung roro jonggrang, karya seni ini kelihatan klasik namun mengekspresikan makna karya seni meniru rupa manusia dalam bentuk wujud aslinya yang sangat sempurna. Nilai seninyapun sangat tinggi sehingga tetap dikagumi setiap orang sampai sekarang.



1 comment: