Wisata Waduk Siman Lihat Pemandangan Indah

Terletak di Desa Siman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jawa Timur. Terdapat sebuah waduk atau bendungan yang menampung air yang berasal dari PLTA Pondok Agung. Di Waduk Siman terdapat pemandangan yang indah karena letaknya yang diapit oleh dua pegunungan yaitu gunung Arjuna di sebelah timur dan gunung kelud di sebelah selatan. Dulu waduk Siman hanya berfungsi untuk menampung air yang berasal dari PLTA saja yang kemudia dibagi untuk mengairi sawah di sekitarnya. Namun sekarang waduk siman juga telah menjadi tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah di sekitarnya. Waduk siman banyak dikunjungi anak-anak muda yang ingin berekreasi duduk santai sambil menikmati pemandangan sejuk, juga banyak rombongan mobil yang datang untuk berekreasi.

Di waduk siman Anda juga dapat mancing gratis. Di sana  banyak ikan-ikan yang hidup di waduk siman. Luas waduk siman diperkirakan dua hektar. Ditempat penampungan air seluas itu tentu banyak ikan-ikan liar yang hidup bahkan sampai ada yang ukurannya besar. Anda dapat menuju waduk siman dari arah kepung ke timur 4 kilometer, dari Kandangan ke selatan 8 kilometer, dari pare ke arah timur 12 kilometer, dan dari kediri ke arah timur 32 kilometer. Waduk siman terletak di dekat kali konto, di desa siman kabupaten Kediri berbatasan dengan kabupaten Malang.

Waduk Siman diperkirakan adalah sebuah waduk yang sudah tua. Menurut sejarah bendungan siman sudah ada sejak jaman mataram kuno, waktu itu kecamatan kepung termasuk sebuah kadipaten di bawah kerajaan Mataram Kuno. Di desa sima terdapat seorang tokoh yang bernama Bagawantari Bhari. Dialah orang yang pertama kali membendung kali serinjing/ harinjing untuk mengairi sawah. Kemudia berkat jasanya, Beliau mendapat hadiah penghargaan kalpataru dari kerajaan Mataram. Yaitu sebuah penghargaan bagi orang-orang yang punya jasa terhadap kemajuan dibidang pertanian. Ketika itu bendungan siman masih berupa bendungan kecil yang tujuannya hanya untuk mengairi sawah. Kini bendungan siman telah diperbesar sesuai dengan fungsinya yaitu untuk menampung air yang berasal dari PLTA kemudia dialirkan ke sawa-sawah disekitarnya.

Beberapa Hotel dan penginapan yang tidak jauh dari waduk siman antara lain, di kota kecamatan kandangan terdapat hotel kediri 2 di jalan malang, di kota pare terdapat hotel Surya, Hotel Amanda, Hotel Kediri 1, dan Hotel Banowati.

No comments:

Post a Comment